Ramah Lingkungan, Ini 5 Pilihan Tas Belanja Pengganti Kantong Plastik yang Praktis

Plastik sudah tidak direkomendasikan sebagai pilihan tas belanja karena dapat berdampak negatif terhadap lingkungan. Bahan plastik yang sulit terurai secara alami menyebabkan penumpukan sampah plastik yang merusak ekosistem dan mengancam keberlanjutan. 

 

Beberapa daerah di Indonesia, seperti Jakarta, sudah mulai mengambil tindakan untuk mengurangi penggunaan plastik dengan menerapkan kebijakan larangan kantong plastik sekali pakai. Hal ini mengharuskan orang-orang untuk memiliki alternatif tas pengganti kantong plastik untuk kebutuhan berbelanja. 

 

Mungkin, ketika ingin belanja satu dua barang, kamu tidak membutuhkan tas khusus karena bisa dipegang atau dimasukkan ke tas yang kebetulan sedang dipakai. Tapi, bagaimana kalau kamu ingin belanja kebutuhan bulanan? Pasti kamu butuh tas belanja khusus supaya bisa memuat semua barang yang kamu beli. 

Nah, buat kamu yang sedang mencari tas belanja, artikel ini membahas rekomendasi tas pengganti kantong plastik yang bisa kamu gunakan untuk berbelanja. Keep scrolling down!

 

Rekomendasi tas pengganti kantong plastik untuk belanja

Ada beberapa jenis tas kantong belanja yang bisa kamu pakai. Mulai dari tas berbahan parasut sampai tas anyaman. Untuk tahu lebih lengkapnya, yuk, simak artikel berikut!

 

1. Tas foldable lipat 

Tas pengganti kantong plastik Tas foldable lipat  Buttonscarves

Tas foldable lipat sering dianggap sebagai alternatif pengganti kantong plastik yang baik untuk belanja. Hal ini karena tas foldable biasanya terbuat dari bahan nilon atau poliester yang lebih tahan lama sehingga bisa berulang kali dipakai dibandingkan dengan kantong plastik yang hanya sekali pakai.

 

Praktisnya tas ini adalah kamu dapat melipatnya menjadi ukuran yang lebih kecil sehingga mudah disimpan di dalam tas atau saku. Ketika dibutuhkan, tas tersebut dapat dengan mudah diambil dan digunakan saat berbelanja. 

 

Banyak tas foldable lipat memiliki desain yang menarik dan modis, seperti Bimu Foldable Bag dan Tapis Foldable Bag dari Buttonscarves. Kelebihan tersebutlah yang menjadikan fungsi tas foldable lipat dari Buttonscarves tidak hanya cocok untuk berbelanja, tetapi juga menarik dipakai untuk bepergian, piknik, atau bahkan sebagai tas sehari-hari. 

 

Tas foldable lipat Buttonscarves terbuat dari bahan parasut yang ringan dan pastinya berkapasitas besar. Namun, kamu tak perlu khawatir ukuran besarnya dapat merusak penampilanmu, bahannya yang parasut dapat menyesuaikan bentuk sebagaimana dengan isi yang ada di dalam tas tersebut.

 

2. Tas bahan katun 

Tas pengganti kantong plastik: Tas bahan katun Buttonscarves

 

Selain tas foldable lipat, ada tas bahan katun yang juga bisa dipakai sebagai pengganti kantong plastik untuk belanja. Hal ini karena tas berbahan katun cenderung kuat dan tahan lama sehingga membuat tas ini dapat digunakan berulang kali tanpa rusak atau robek.

 

Tas berbahan katun umumnya juga mudah dicuci. Sekalipun ada noda atau kotoran, kamu dapat membersihkannya dengan mudah. Sebab perawatannya yang mudah inilah, kamu dapat memperpanjang umur pakai tas berbahan katun dan mengurangi kebutuhan untuk membeli tas belanja baru yang lain.

 

Buat kamu yang tertarik dengan tas belanja berbahan katun, Today Shopping Bag dari Buttonscarves dapat pinjam referensimu. Tas belanja dari Buttonscarves ini memiliki muatan besar sehingga bisa menampung barang-barang belanjaanmu dalam jumlah yang cukup banyak.  

 

Dari segi bahan, tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Today Shopping Bag Buttonscarves berbahan katun tebal yang kuat dan dilengkapi dengan pegangan tas yang dapat dikenakan di bahu. Selain itu, tas ini juga dilengkapi penutup berupa clip magnet sehingga isi tas akan aman di dalam. 

 

3. Tas anyaman 

Tas pengganti kantong plastik: Tas anyaman Buttonscarves

Nah, rekomendasi tas belanja pengganti plastik selanjutnya datang dari tas anyaman. Tas anyaman sering kali jadi andalan orang-orang untuk dipakai belanja. Hal ini karena tas berbahan woven atau anyaman umumnya terbuat dari serat alami seperti daun pandan atau rotan yang kokoh dan dapat menahan beban yang cukup berat. 

 

Tas anyaman biasanya memiliki kapasitas yang cukup besar sehingga memungkinkan kamu untuk membawa belanjaan dalam sekali angkut. Selain itu, beberapa tas anyaman yang dijual juga sering kali memiliki desain unik, entah itu sentuhan motif modern atau etnik klasik. Tentunya hal ini dapat memberikan kesan menyenangkan saat belanja, karena kamu bisa sekaligus bergaya. 

 

Seperti tas woven material dari Buttonscarves, Everyday Shopping Bag, ragam motif yang menarik dan colorful membuat tas dari Buttonscarves ini tidak hanya bisa digunakan untuk belanja, namun juga berbagai keperluan lainnya. Misalnya untuk daily-wear, hang-out, atau bahkan sekedar aksesoris fashion saja. Fleksibilitas ini membuat Everyday Shopping Bag menjadi investasi yang baik karena dapat digunakan dalam berbagai situasi.

 

4. Tas bahan kertas 

Rata-rata minimarket, supermarket, hingga pusat perbelanjaan sekarang menggunakan paperbag sebagai tas pengganti kantong plastik. Hal ini karena paperbag dapat didaur ulang menjadi produk kertas lagi sehingga mengurangi kebutuhan untuk produksi kertas baru dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

 

Namun, meskipun bisa didaur ulang, tak ada salahnya kamu menggunakan paperbag layaknya menggunakan tas alternatif belanja lainnya. Jangan langsung membuang paperbag yang didapat saat belanja. Selagi belum sobek dan layak pakai, kamu bisa menyimpan paperbag untuk kebutuhan belanja selanjutnya. 

 

Hanya saja yang perlu diperhatikan, penggunaan paperbag tidak disarankan untuk belanjaan yang basah, seperti daging atau ayam, karena karakteristik kertas yang mudah robek. 

 

5. Tas bahan kanvas

Terakhir, ada tas bahan kanvas. Tas kanvas atau yang sering dikenal totebag ini sangat familiar di telinga masyarakat. Bahannya yang mudah dicuci dan dapat digunakan berkali-kali menjadikan tas kanvas lebih ramah lingkungan daripada kantong plastik yang hanya digunakan sekali pakai. 

 

Tas bahan kanvas memiliki material yang ringan dan daya tahan yang cukup baik sehingga kuat dipakai untuk membawa banyak barang bawaan. Contohnya, tas kanvas yang kecil pun sudah cukup untuk membawa beban 4 hingga 5 kilogram.

 

Berbagai macam tas kanvas mudah ditemukan di pasaran, mulai dari ukuran dan desain yang beragam. Hal ini membuat tas kanvas tidak hanya cocok dipakai untuk berbelanja, tapi juga bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, seperti ke kantor.